Page 6 - MODUL SPLDV
P. 6
3. Apabila tugas berupa tugas kelompok, perlu diupayakan agar seluruh anggota
kelompok dapat terlibat secara kretif dalam proses penyelesaian tugas, terutama
jika sebuah tugas diselesaikan di luar kelas
4. Perlu diupayakan untuk guru mengontrol proses penyelesaian tugas yang sudah
direncanakan peserta didik. Jika penugasan dilakukan di luar kelas baiknya
peserta didik diminta membuat laporan kemajuan tugas yang dikerjakan
5. Memberi penilaian secara proporsional terhadap tugas yang dikerjakan peserta
didik. Penilaian sebaiknya mempertimbangkan bagaimana proses penyelesaian
tugas, bukan hanya menitikberatkan pada hasil atau produk
F. KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS
Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan peserta didik dalam
merumuskan, menggunakan maupun menginterpretasikan matematika dalam
berbagai konteks pemecahan masalah berdasarkan kehidupan sehari-hari dengan
efektif. Adapun indikator kemampuan literasi matematika yaitu sebagai berikut:
1. Peserta didik mampu memahami kondisi atau masalah yang ada pada soal
2. Peserta didik mampu memikirkan langkah-langkah apa yang penting dan
menunjang untuk memecahkan masalah
3. Peserta didik mampu melakukan perhitungan dalam data yang diperlukan
termasuk konsep dan rumus atau persamaan yang sesuai
4. Peserta didik mampu mengecek ulang dan melihat kembali secara teliti
langkah-langkah pemecahan masalah yang dilakukan.
6

