Page 17 - MODUL SPLDV
P. 17
1 METODE GRAFIK
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sitem
persamaan linear dua variabel menggunakan metode grafik.
Ilustrasi 2
Paman dan ayah masing-masing membeli mangga dan apel di toko untuk
dibagikan kepada anak yatim. Paman membeli 1 kantong yang berisi buah apel
dan 1 kontong jeruk, kantong plastik yang dibawa oleh paman memiliki berat 2
kg. Sedangkan ayah juga membeli 3 kantong yang berisi buah apel dan 1 kantong
jeruk. Kantong plastik yang dibawa oleh ayah memiliki berat 6 kg. Berapakah
berat masing-masing buah apel dan jeruk dalam satu kantong plastik tersebut?
Penyelesaian:
Langkah 1
Membuat sebuah persamaan dengan melakukan permodelan matematika
Diketahui:
Misalkan : Kantong yang berisi buah apel =
Kantong yang berisi buah jeruk =
Sehingga permodelan matematika dalam bentuk aljabar
+ = 2 ( 1)
Dua persamaan ൜
2 + = 6 ( 2)
Ditanyakan: Himpunan penyelesaian dengan menggunakan metode grafik?
Jawab:
Langkah 2
Mencari titik koordinat persamaan atau menentukan titik potong ( , ) masing-
masing persamaan pada sumbu-X dan sumbu-Y. (Materi Koordinat Cartesius)
17

